Home » Akademik » Kesiswaan » Ekstrakurikuler » GEM1LANG PRAMUKA MATSANEWA
GEM1LANG PRAMUKA MATSANEWA

GEM1LANG PRAMUKA MATSANEWA

Assalamualaikum, Sobat Matsa! Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan ekskul kepramukaan. Bahkan kita, juga diwajibkan untuk mengikuti ekskul pramuka di kelas 7. Sebenarnya kalian tahu nggak sih serba-serbi tentang kepramukaan di MTsN 1 Kota Malang? Yuk, simak baik-baik!

Pada tahun 1978, PGAN dipecah menjadi MTsN 1 Kota Malang dan PGA (MAN 2 Kota Malang ). Sejak itulah pramuka MTsN berdiri. Adapun, tujuan kepramukaan MTsN 1 Kota Malang yaitu membentuk kepribadian dan akhlak yang mulia pada generasi muda.   Menanamkan rasa cinta tanah air, Menggali potensi diri dan meningkatkan ketrampilan pada generasi muda. Sekarang kalian tau kan latar belakang pramuka MTsN 1 Kota Malang.

Untuk kegiatan pramuka biasanya diadakan pada hari sabtu untuk kelas 7. Di dalam kegiatan pramuka akan kita jumpai pembina, pembantu pembina, dan pelatih. Untuk kegiatannya sendiri, ekskul pramuka wajib ini melatih 3 aspek yaitu materi kepramukaan, refresh materi, dan melatih skill karakter anggota.

Nah, karena kita lagi bahas tentang ekskul pramuka, kita juga nggak bisa lepas dari Pasus. Apa itu Pasus? Bingung sama istilah Pasus? Nah ini dia penjelasannya. Pasus adalah pasukan khusus yang telah dilantik untuk melaksanakan tugas secara tepat dan cepat sehingga setiap kali ada perlombaan Pasuslah yang selalu diikut-sertakan.

Apa sih peran Pasus bagi ekskul pramuka wajib? Nah, Pasus itu adalah Pasukan khusus yang telah dilantik untuk melaksanakan tugas secara tepat dan cepat sehingga setiap kali ada perlombaan Pasuslah yang selalu diikut sertakan. Nah, Apa sih peran Pasus bagi ekskul wajib Pramuka? Pasus adalah pengurus di pramuka MTsN 1 Kota Malang. Selain itu Pasus juga menjadi fasilitator kelas dan selalu ikut event di MTsN. Kalian masih bingung perbedaan Pasus dengan Pramuka wajib?Jadi pramuka wajib itu ekskulnya sedangkan pasus adalah dewan galangnya atau pengurusnya.

Untuk pembina pasus dan pramuka itu sebenarnya sama saja, sedangkan untuk 3 aspek yang diajarkan juga sama, hanya saja porsi Skill, karakter, dan kepemimpinannya yang lebih banyak dan matang pada Pasus.  Kegiatan Pasus dilakukan 2 kali pada hari Rabu dan hari Sabtu, sepulang shalat Dhuhur.  Kegiatan Pasus selain mengikuti perlombaan sebagai ajang meningkatkan kualitas, juga dalam rangka meningkatkan kualitas maupun pengtahuan anggota terkait kepramukaanya.

Dalam Pasus juga  dilaksanakan tes individu Syarat kecakapan umum (SKU) yang akan mendapat tanda di lengan kiri, dengan bentuk huruf V dan syarat kecakapan khusus(SKK) dengan tanda keahliannya dipasang di lengan kanan bentuknya lingkaran. Serta kegiatan yang melatih kepemimpinan dan skill. Untuk kegiatan tiap tahunnya Pasus mengadakan acara persami (perkemahan sabtu minggu ) yang kegiatannya yaitu diklat untuk anggota pasus baru dan juga lomba internal antar regu di pasus.

Untuk pemilihan Kakoor, calonnya pembina dan kelas 9 yang mengajukan diri akan menyampaikan visi misi masing-masing. Setelah itu dilakukan pemilihan oleh anggota, Sedangkan pengurus dibentuk setelah Kakoor terpilih, dengan cara dimusyawarahkan. Pemilihan tersebut dilakukan setahun sekali.

Prestasi yang diraih oleh Pasus sudah menduduki tingkat kota, Malang Raya, hingga Jawa Timur. Harapannya untuk semua anggota pramuka maupun Pasus yaitu, para pembina, siswa-siswi alumni Pasus yang telah keluar dari pasus tetap memiliki jiwa kepemimpinan, intelektual yang baik, memiliki skill pramuka sehingga memiliki jiwa sosial yang tinggi dan nantinya bisa ikut serta dalam membangun masyarakat dan juga baik dalam meraih prestasi akademiknya.

Untuk organisasinya semoga lebih solid, berkualitas dan terampil serta mampu membawa dan menjaga nama baik MTsN 1 Kota Malang ke tingkat daerah, nasional bahkan internasional. Nahh gimana nihh ada yang tertarik gabung ekskul pramuka MTsN 1 Kota Malang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*