Home » Berita Terbaru » Hebat! Dua Pekan Pembelajaran, MTsN 1 Kota Malang Raih 22 Prestasi Bergengsi
Hebat! Dua Pekan Pembelajaran, MTsN 1 Kota Malang Raih 22 Prestasi Bergengsi

Hebat! Dua Pekan Pembelajaran, MTsN 1 Kota Malang Raih 22 Prestasi Bergengsi

Hebat! Baru dua minggu tahun pelajaran 2020/2021 dimulai, MTsN 1 Kota Malang tancap gas dengan menorehkan prestasi bergengsi. Tak tanggung-tanggung, Matsanewa langsung merengkuh 7 prestasi tingkat internasional dan 15 prestasi tingkat nasional. Total 22 prestasi.

“Alhamdulillah, meski di masa pandemi Covid-19 ini, tak menyurutkan semangat anak-anak untuk berkompetisi dalam ajang olimpiade matematika tingkat internasional, serta biologi, fisika dan matematika tingkat nasional,” ungkap Kepala MTSN 1 Malang, Drs. Samsudin, M.Pd.

Disebutkan Samsudin, sebelumnya Matsanewa telah menorehkan 458 prestasi pada tahun pelajaran 2019/2020. Terbagi prestasi tingkat Malang Raya 201 prestasi, Jawa-Bali 97 prestasi, Nasional 51 prestasi, dan Internasional 109 prestasi, sejak pertengahan Juli 2019 hingga akhir Juni 2020. Ini awal tahun pelajaran yang baik, agar prestasi tahun lalu bisa kami pertahankan dan kami kembangkan lebih baik lagi,” optimis Samsudin.

Melalui pendampingan dan penguatan materi, khususnya terkait bidang olimpiade. Matsanewa berusaha semaksimal mungkin agar potensi anak-anak dapat tergali, meski kondisinya tidak bisa tatap muka atau melalui daring akibat pandemi. Sehingga semangat guru dan anak-anak tetap terjaga dalam mendapatkan hasil terbaik.

“Penyesuaian pola ini sebagai upaya agar anak-anak tidak merasa terganggu pandemi, atau tergantung kebiasaan. Selain semangat, juga memunculkan keterampilan dan kreativitas dalam mengasah potensinya melalui uji kompetensi di ajang bergengsi. Alhamdulillah anak-anak bisa membuktikan dengan torehan prestasi di berbagai bidang lomba, baik nasional maupun internasional,” beber Samsudin.

Tercatat 7 prestasi terbaru tingkat internasional, di antaranya ditorehkan oleh Raditya Ilham S (Bronze medal), M Alfarizky H Putra (Silver medal), dan M Rakha (Honourable mention) pada Level Cadet Grade 7, serta Aura Nauvabryano A (Silver medal) pada Level Cadet Grade 8, dalam International Kangaroo Mathematics Contest 2020.

Dilanjutkan M Alfarizky H Putra (Bronze medal) dan M Elginito (Bronze Medal) pada level junior, serta Aura Nauvabryano A (Honourable Mention) pada level senior, dalam Olimpiade Matematika International Eduversal Mathematics Competition  (I-MEC) 2020.

“Dalam pembinaan siswa secara intensif, kami menggunakan pola daring, karena model lombanya juga sistem online dan tidak memungkinkan offline. Kami juga berpesan agar anak-anak soal mengerjakan dengan jujur. Karena potensi kecurangan itu pasti ada ketika online,” terang Luluk Hariroh, Ketua Program Olimpiade MTsN 1 Kota Malang.

Karena siswa terbiasa jujur dalam pembinaan di madrasah, tantangan sebesar apapun akhirnya berbuah prestasi. “Seperti Aura Nauvabryano A yang meraih Honourable Mention. Sebenarnya dia salah pilih level lomba ikut senior, yang notabene diikuti siswa SMA. Pesaingnya berat, namun dia bisa membuktikan mampu bersaing dan mendapatkan penghargaan,” imbuh Luluk, sapaan akrabnya.

Sementara pada tingkat nasional, Matsanewa mendapatkan 13 prestasi dalam Olimpiade Fisika – Biologi (Advanced Biology Physic Olympiad – ABPO) 2020. Diantaranya ditorehkan oleh Falisha Naura Putri (9L) dan Al Davi Muhammad (8L) meraih Gold Medal Bidang Biologi; Ellen Dinda F (9L) dan Adika Rasendriya A (9L) meraih Silver Medal Bidang Biologi, Chelsea Zaskia A (9L) dan Azkyah Annisa (8L) meraih Honourable Mention Bidang Biologi.

Selanjutnya, Adika Rasendriya (siswa 9L) dan   Azkyah Annisa R (8L) meraih Gold Medal Bidang Fisika; Aditya Nugraha W (8L) meraih Silver Medal Bidang Fisika; Ellen Dinda F (9L) dan Azka Ananta (9L) meraih Bronze Medal Bidang Fisika; Ahmad Hanif Z (8L) dan Ahmad Ayman Al Ghifary (8L) meraih Honourable Mention Bidang Fisika.

Sedangkan dua lainnya, Namira Harsya Alya (8L) meraih Honourable Mention Bidang Matematika pada Advanced Mathematics Olympiad (AMO) 2020 Tingkat Nasional – POSI. Berikutnya Tabina Izzatunnisa meraih juara III pada Olimpiade Matematika Nusantara Competition tingkat SMP/MTs sederajat. (rhd)

Sumber: seru.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*