Home » Berita Terbaru » Guru MTsN 1 Kota Malang Jadi Pemateri Webinar Nasional
Guru MTsN 1 Kota Malang Jadi Pemateri Webinar Nasional

Guru MTsN 1 Kota Malang Jadi Pemateri Webinar Nasional

Kota Malang (MTsN 1) – Guru MTsN 1 Kota Malang, M. Abdul Chafidz, berkesempatan menjadi pemateri dalam webinar (seminar daring) nasional yang bertema “Implementasi Moderasi Beragama Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah”.
Kegiatan ini diselenggarakan oleh MGMP Al-Qur’an Hadis MTs Kota Bandung dan dilaksanakan pada Kamis (30/9).

“Kegiatan webinar tersebut membahas tentang apa itu moderasi, mengapa harus moderasi, dan bagaimana implementasinya dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs,” jelas Abdul Chafidz, saat ditemui usai kegiatan webinar.

Lebih lanjut, Ketua MGMP Al-Qur’an Hadis MTs Kota Malang tersebut, menyampaikan, kegiatan ini sangat penting karena guru Al-Qur’an Hadis itulah yang nantinya akan memberikan pemahaman kepada siswa tentang isi dan sumber ajaran Islam yang pokok yaitu Al-Qur’an dan Hadis.

“Moderasi berasal dari kata moderat yang artinya tidak ekstrim, antikekerasan. Moderasi beragama, dimaknai cara beragama yang tidak ekstrim dan tidak radikal. Itulah cara beragama yang diangkat oleh Kementerian Agama,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Chafidz juga menuturkan, cara beragama moderat itulah yang diharapkan bisa menjaga keutuhan dan persatuan bangsa. Menjaga toleransi dan saling menghormati antarpemeluk agama.

“Kita bisa lihat, bahwa negara kita itu multikultural. Ada beragam suku, agama, budaya dll,” imbuhnya.

Perbedaan tersebut, jangan kemudian menjadi potensi perpecahan, tapi justru harus mempererat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. (Zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*