Home » Akademik » KIR Matsanewa dan Prestasinya di Tingkat Dunia
KIR Matsanewa dan Prestasinya di Tingkat Dunia

KIR Matsanewa dan Prestasinya di Tingkat Dunia

Kota Malang (MTsN 1) – Hampir sepanjang tahun ajaran 2020/2021, dilalui oleh para siswa dengan belajar dari rumah. Pembelajaran tatap muka pun urung dilaksanakan karena adanya pandemi Covid-19.

Pembelajaran akhirnya dilaksanakan secara daring dan siswa tetap berada di rumah untuk mengikuti KBM. Hal itu tentu mengakibatkan banyak perubahan, baik dalam sistem pembelajaran atau pun pembinaan ekstrakurikuler. Namun, ini bukanlah kendala bagi siswa MTsN 1 Kota Malang untuk giat belajar dan meraih prestasi terbaik.

Hal tersebut juga ditunjukkan oleh tim KIR Matsanewa. Tetap tekun dalam belajar, meneliti, dan menemukan berbagai inovasi. Bahkan inovasi mereka telah banyak meraih prestasi sampai ke tingkat dunia.

Inilah prestasi tim KIR Matsanewa di tingkat dunia sepanjang tahun ajaran 2020/2021.

Pertama, adalah keberhasilan mereka meraih lima prestasi bergengsi dalam ajang I3F (Indonesia International Invention Festival), September 2020. Lima prestasi tersebut adalah medali emas, nominasi poster terbaik, dan IYSA (Indonesian Young Scientist Association) special award yang diraih oleh tim putri (Hasna Febriana Syukurillah, Ain Nur Azizah Putri Harsya, Nahda Nur Handwiyan Widiastuti, Briliana Alya Nafisa, dan Dania Wijayanti).

Sedang tim putra (Pasha Halabi Ikhsanal Haq, Thoriq Ahmad Izzuddin, Ian Prayata Argyan Whiramukti, dan Fairuz Daffa Al Hazza) sukses meraih medali perak serta nominasi video project terbaik.

Kedua, Tim putra dan putri KIR Matsanewa juga sukses mendapatkan tiga penghargaan dalam ajang International Invention and Innovation Competition (InIIC), Oktober 2020. Penghargaan tersebut adalah Diamond Award (juara umum) dan dua Gold Award.

Prestasi ketiga adalah keberhasilan tim KIR Matsanewa yang beranggotakan Hasna Febriana Syukurillah, Ain Nur Azizah Putri Harsya, Nahda Nur Handwiyan Widiastuti, Briliana Alya Nafisa, dan Dania Wijayanti, sukses membawa pulang medali emas dalam ajang ISIF (International Sciences and Invention Fair), November 2020. Prestasi ini sekaligus memberikan tiket kepada mereka untuk mengikuti AISEEF (Asean Innovative Science and Enterpreneur Fair)  2021.

Prestasi keempat dan terbaru, pada Februari 2021, tim KIR Matsanewa yang beranggotakan Hasna Febriana Syukurillah dan Ain Nur Azizah Putri Harsya juga kembali meraih medali emas dalam ajang AISEEF 2021.

Dalam AISEEF 2021, dua siswi Matsanewa tersebut mempresentasikan penelitiannya yang berjudul DIMITRI (Smart and Active Edible Coating): Utilization of Lactic Acid Bacteria (LAB) from White Cabbage Heads (Brassica Oleracea L. Var Capitata) and Brazilin Compounds to Extend the Shelf Life of Fresh Meat.

DIMITRI (Smart and Active Edible Coating): Pemanfaatan Bakteri Asam Laktat (BAL) dari Kepala Kubis Putih (Brassica Oleracea L. Var Capitata) dan Senyawa Brazilin untuk Memperpanjang Umur Simpan Daging Segar.

Pada akhirnya, penelitian dari Hasna dan Ain berhasil mendapatkan apresiasi dari dewan juri serta menjadi salah satu yang terbaik. (Zul)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*