Home » Akademik » Membanggakan, MTsN 1 Kota Malang Raih 7 Prestasi Internasional pada Awal Tahun Ajaran
Membanggakan, MTsN 1 Kota Malang Raih 7 Prestasi Internasional pada Awal Tahun Ajaran

Membanggakan, MTsN 1 Kota Malang Raih 7 Prestasi Internasional pada Awal Tahun Ajaran

Kota Malang (MTsN 1) – Membanggakan, itulah kata yang tepat melihat kiprah MTsN 1 Kota Malang pada awal tahun ajaran 2021/2022. Saat pembelajaran efektif masih berlangsung selama dua pekan dan dilaksanakan secara daring.

Namun, itu tidak melunturkan semangat guru dan siswa Matsanewa dalam meraih prestasi terbaik. Sampai berita ini ditulis pada Jumat (30/7/2021), MTsN 1 Kota Malang telah sukses membukukan 7 prestasi tingkat internasional.

Prestasi internasional tersebut terdiri atas, tiga penghargaan dalam Final Hua Xia Cup (HXC) 2021 (2nd World Rank dan Gold Medals diraih oleh Nurisna Anara, serta Gold Medals didapat oleh Javier Fawwaz).

Dua penghargaan dalam InIIC (International Invention and Innovative Competition) 2021 di Malaysia, meraih Juara Umum Kategori Siswa (Diamond Award dan medali emas) dipersembahkan oleh Salwa Dilara N.H., Farsya Fahira Islami, Aqila Razzan S., dan Fairuz Daffa Al-Hazza .

Medali emas dalam World Invention Creativity Olympic 2021, Korea (diraih oleh Salwa Dilara N.H., Farsya Fahira Islami, Majida Salma, Aqila Razzan S., dan Fairuz Daffa Al-Hazza) serta satu penghargaan dalam Hong Kong International Science Olympiad, Second Prize Award diraih oleh Ahmad Ayman Al Ghifary.

“Alhamdulillah, meski baru dua pekan tahun ajaran 2021/2022 berjalan, tentunya capaian ini sangat luar biasa di masa pandemi Covid-19,” tegas Kepala MTsN 1 Malang, Drs. Samsudin, M.Pd.

Lebih lanjut, Samsudin menjelaskan, capaian ini tentunya tak lepas dari sinergi bersama antara siswa, guru, dan orang tua, dalam pembinaan secara maksimal bagi siswa yang berkompetisi. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, terus dilakukan evaluasi, perbaikan, penyempurnaan, dan pengembangan, agar prestasi berikutnya lebih baik lagi.

“Selain pembelajaran (melalui) e-learning madrasah dan pertemuan daring mulai pukul 06.40 hingga 10.00. Kami juga memberikan pendampingan dan pembinaan di waktu khusus bagi siswa yang berkompetisi,” imbuh pria yang akrab disapa Pak Sam tersebut.

Selain 7 prestasi internasional, pada awal tahun ajaran ini, 2 prestasi nasional dan 3 prestasi tingkat Kota Malang juga sukses dipersembahkan oleh anak-anak Matsanewa.

Prestasi tingkat nasional tersebut adalah medali perunggu Indonesian Olympiad of Science (IOS) 2021 diraih oleh Avicenna Ulilvidya Basri dan juara 3 Pateron Olympiad Competition (POC) 2021 dipersembahkan oleh Neisya Ardhia Putri.

Sedang prestasi tingkat Kota Malang adalah 3 penghargaan dalam Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI), yaitu meraih Medali Emas bidang Teknik (Salwa Dilara dan Farsya Fahira), Medali Emas bidang IPA (Hasna Febriana dan Ain Nur Azizah), serta Harapan 2 bidang IPS (Fairuz Daffa dan Aqila Razzan).

“Tentunya prestasi yang sangat membanggakan tersebut, bisa menjadi motivasi bagi para siswa. Untuk meraih prestasi lebih baik lagi di berbagai bidang pada tahun ajaran saat ini,” pungkas Pak Sam. (Rhd/Zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*