Home » Akademik » Kesiswaan » Arkananta Siswa MTsN I Kota Malang Wakili Indonesia dalam IJSO 2016
Arkananta Siswa MTsN I Kota Malang Wakili Indonesia dalam IJSO 2016

Arkananta Siswa MTsN I Kota Malang Wakili Indonesia dalam IJSO 2016

Kota Malang (MTsN I) – Siswa MTsN I Kota Malang menjadi perwakilan Indonesia dalam IJSO (International Junior Science Olympiad) 2016. IJSO ke-13 tersebut akan dilaksanakan di Bali pada 2 – 11 Desember 2016. Dalam IJSO 2016, Indonesia diwakili oleh 12 siswa yang terpilih setelah tes akhir dalam Training Center di Bandung.

Arkananta Rasendriya, siswa kelas 9 H Program Olimpiade MTsN I Kota Malang berhasil terpilih menjadi salah satu perwakilan Indonesia untuk berlaga dalam IJSO 2016. Ia berhak tampil dalam ajang bergengsi olimpiade internasional tersebut setelah berhasil menyisihkan 18 siswa perwakilan dari berbagai kota dan kabupaten se-Indonesia. Arkananta adalah satu dari 30 peserta Training Center peraih medali Emas, Perak, dan Perunggu Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Nasional tahun 2016 bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam. Siswa pekerja keras dan taat beribadah ini berhasil lolos dalam 3 tahap TC walaupun sempat terlambat check-in TC karena mengikuti event KSM (Kompetisi Sains Madrasah) Nasional 2016 di Pontianak.

Training Center (TC) yang dilaksanakan dalam rangka persiapan IJSO ke-13 tahun 2016 diadakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. TC tersebut dilaksanakan dalam tiga tahap dan bertempat di Kota Bandung. Tahap I dilaksanakan pada 24 Agustus hingga 6 September 2016. Dari 30 peserta TC tahap I diambil 15 siswa untuk lanjut ke TC tahap II. Selanjutnya, TC Tahap II dilaksanakan pada 18 September hingga 18 Oktober 2016. Dari TC tahap II ini diambil 12 siswa termasuk Arkananta untuk digembleng lebih lanjut dalam TC tahap III, 19 Oktober hingga 1 Desember 2016. Kegiatan dalam TC adalah latihan soal dan praktikum fisika, kimia, dan biologi di bawah bimbingan dosen-dosen berkompeten dari Universitas Indonesia.

IJSO merupakan olimpiade internasional untuk siswa sekolah menengah berusia maksimal 15 tahun yang diikuti lebih dari 50 negara. Kompetisi ini menggunakan bahasa resmi bahasa Inggris. IJSO dihelat pertama kali tahun 2004 di Jakarta. Tahun-tahun selanjutnya penyelenggaraannya dilaksanakan di berbagai kota negara peserta. (muf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*