Home » Akademik » Arkananta Siswa Madrasah dan Anggota Tim Indonesia IJSO 2016 yang Siap Bersaing dengan Peserta dari 47 Negara
Arkananta Siswa Madrasah dan Anggota Tim Indonesia IJSO 2016  yang Siap Bersaing dengan Peserta dari 47 Negara

Arkananta Siswa Madrasah dan Anggota Tim Indonesia IJSO 2016 yang Siap Bersaing dengan Peserta dari 47 Negara

Kota Malang (MTsN I) – Salah satu siswa MTsN I Kota Malang yang bernama Arkananta Rasendriya berhasil menjadi wakil Indonesia dalam gelaran IJSO (International Junior Science Olympiad) yang dilaksanakan di Bali pada tanggal 2 – 11 Desember 2016. Hal yang sangat membanggakan karena ajang tersebut bertaraf internasional yang diikuti oleh 48 negara. Yang rinciannya terdiri atas 123 pendamping, 276 siswa, 8 visitors, 24 observers, dan 5 executive members. Total peserta sebanyak 473 orang. Indonesia diwakili oleh 12 siswa yang salah satunya adalah Arkananta Rasendriya.

Keberhasilan Arka ini memang tak lepas dari ketekunannya selama lebih dari dua tahun menimba ilmu di MTsN I Kota Malang dan keberhasilannya meraih juara pada berbagai even perlombaan sains, baik ditingkat kota, provinsi, maupun nasional. Puncak prestasi Arka adalah ketika dia memperoleh juara di OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang akhirnya mengantarkannya sebagai wakil Indonesia dalam IJSO 2016 di Bali.

Amirul Hasan Ketua Program Kelas Olimpiade MTsN I Kota Malang menyampaikan bahwa Arka adalah siswa yang cerdas, bertanggung jawab, santun dan mempunyai semangat belajar yang tinggi. Amirul juga berharap anak didiknya tersebut meraih yang tebaik yaitu medali emas dalam IJSO 2016. Apalagi Arka adalah siswa angkatan pertama di Program Olimpiade MTsN I Kota Malang. “Saat ini tidak cukup hanya menjadi peserta tetapi harus menjadi juara.” Tambah Amirul guru muda yang terkenal tegas dan disiplin ini.

IJSO ini adalah ajang tahunan yang mempertandingkan pelajaran Fisika, Biologi, dan Kimia untuk siswa maksimal berusia 15 tahun atau jenjang SMP/MTs. Bentuk penilaian melalui mekanisme tes pilihan ganda, teori, dan praktik. Adapun negara yang memastikan jadi peserta diantaranya adalah Argentina, Jerman, India, Belanda, Irlandia, Rusia, Afrika Selatan, Turki, Uni Emirat Arab, Mesir, dan Thailand. (Zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*