Home » Artikel » Kolaborasi Teater Matsanewa Hasilkan Pementasan Kreatif
Kolaborasi Teater Matsanewa Hasilkan Pementasan Kreatif

Kolaborasi Teater Matsanewa Hasilkan Pementasan Kreatif

Kota Malang (MTsN 1) – Setelah sukses berpartisipasi dalam kegiatan Pekan Seni Drama Pelajar Se-Malang Raya 2018, Teater Matsanewa (TeMa) kembali memproduksi sebuah pementasan yang bertajuk “Kreativitas itu Sederhana”. Pada event ini,TeMa berkolaborasi dengan Olimpiade Literasi Matsanewa Angkatan 42.Hasilnya adalahsepuluh tim terseleksi telah menyelesaikan pementasan di aula MTsN 1 Kota Malang yang memenuhi kriteria naskah, vokal, dan performansi kompak.

Pendiri sekaligus pimpinan produksi TeMa, Yoga Prasetya,saat ditemui pada Rabu (20/3) menyatakan bahwa kegiatan ini melibatkan semua siswa kelas 8 dan beberapa siswa kelas 7 yang mengikuti ekstrakurikuler Teater.

“Saya, Kak Rahma, Kak Dania, selaku Tim Teater bekerja sama dengan Pak Sarsono dan Bu Katini untuk mewadahi bakat seni peransiswa kelas 8 yang sesuai dengan materi pembelajaran bahasa Indonesia. Yang spesial untuk pementasan kali ini adalah semua kebutuhan artistik harus berasal dari barang-barang bekas dan murah. Hal itu untuk menepis anggapan bahwa pementasan teater  menghabiskan banyak uang. Oleh karena itu, saya mengambil tema Kreativitas itu Sederhana,” ujar koordinator Porseni MTs cabang Pidato Bahasa Indonesiatersebut.

Sementara itu, Sarsono sebagai ketua panitia Olimpiade Literasi Matsanewa Angkatan 42 sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Alhamdulillah, seleksi kelas berjalan dengan lancar. Semoga anak-anak sukses sampai puncak pementasan bulan April,” tutur guru yang hobi melakukan literasi di perpustakaan MTsN 1 Kota Malang itu.

Pementasan Teater Matsanewa kali ini melalui proses yang tidak singkat. Pada bulan Februari, peserta pementasan (siswa kelas 8 dan 7) melakukan bedah naskah yang diikuti kegiatan reading, casting,blocking, dan pendalaman peran.

Di bulan Maret, mereka melakukan latihan secara lengkap, mulai dari dialog sampai pengaturan pentas. Adapun lima kelas terbaik yang akan mementaskan naskahnya di bulan April secara berturut-turut adalah 8K, 8L, 8I, 8E, dan 8C. (PS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*