Home » Berita Terbaru » Lewat Bincang Sastra, Ajak Generasi Muda Kenal Sastra
Lewat Bincang Sastra, Ajak Generasi Muda Kenal Sastra

Lewat Bincang Sastra, Ajak Generasi Muda Kenal Sastra

Kota Malang (MTsN 1) – Bertajuk “Bincang Sastra”, obrolan dalam rangka silaturahmi pengurus Organisasi Sastra Matsanewa dilaksanakan melalui aplikasi zoom, Rabu (21/4/2021). Organisasi Sastra Matsanewa atau OSM merupakan organisasi yang menaungi kegiatan kreatif dan teater di MTsN 1 Kota Malang.

Kegiatan tersebut diisi dengan diskusi sastra, khususnya yang berkaitan dengan perkembangan sastra di madrasah. Bincang Sastra dihadiri oleh beberapa siswa berprestasi, baik nasional maupun internasional, mulai dari Az Zahra Leilany, Nisrina Aqilah, Nawra Alifa, Ayuning Jayawardhana, Nasya Nisrina, hingga Aline Anismara.

Yoga Prasetya, selaku pengasuh Organisasi Sastra Matsanewa mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan generasi muda berkenalan dengan sastra.

“Sastra adalah produk kebudayaan manusia. Dengan mengenal sastra, generasi muda bisa mendapatkan banyak manfaat, terutama untuk meningkatkan literasi budaya Indonesia,” tutur guru alumnus Pascasarjana Universitas Negeri Malang tersebut.

Organisasi Sastra Matsanewa (OSM) didirikan pada 29 Juli 2019 untuk mewadahi komunikasi antarsiswa dan pembina ekstrakurikuler yang kreatif dan teater. Sebelum pandemi, OSM memiliki kegiatan rutin seperti pelatihan kreatif setiap hari Kamis dan pelatihan teater setiap hari Selasa. Selain itu, OSM juga mengadakan acara tahunan seperti pementasan teater, bedah buku, dan beragam lomba sastra.

OSM juga berkontribusi untuk MTsN 1 Kota Malang, khususnya di bidang bahasa dan sastra Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya prestasi yang diraih anak didik Yoga Prasetya. Mulai dari medali emas Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia tingkat nasional 2019, hingga juara 1 penampilan dongeng tingkat provinsi Jawa Timur 2020. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*