Home » Akademik » Siswa MTsN 1 Kota Malang Sukses Raih 5 Medali Olimpiade Matematika Internasional

Siswa MTsN 1 Kota Malang Sukses Raih 5 Medali Olimpiade Matematika Internasional

Kota Malang (MTsN 1) – MTsN 1 Kota Malang kembali meraih prestasi membanggakan dalam ajang internasional. Kali ini, 5 medali berhasil diraih oleh siswa Matsanewa dari Singapore International Mathematics Olympiad Challenge 2021.

Peraih medali tersebut adalah M. Alfarizky Harya Putra (perak math olympiad individual dan perunggu mind sport team) serta Nurisna Anara Mughni Rayyan (perak mind sport team, perunggu math olympiad individual, dan perunggu math master mind team).

Singapore International Math Olympiad Challenge (SIMOC) yang dilaksanakan secara daring ini, adalah konsep unik kompetisi matematika yang tidak hanya menguji kemampuan peserta untuk memecahkan masalah matematika di atas pena dan kertas.

Namun, juga menguji kemampuan peserta dalam kerja sama sebagai tim untuk memainkan permainan matematika interaktif dan memecahkan teka-teki.

SIMOC juga memberi kesempatan kepada peserta untuk bersaing dengan talenta matematika terbaik dari berbagai negara dan belajar satu sama lain dalam sebuah tim.

SIMOC terdiri atas dua kategori, yaitu (1) olimpiade matematika tertulis individu untuk kelas 1 sampai 12 (SD kelas 1 sampai SMP kelas 12) dan (2) tantangan berbasis tim – Maths Warriors Competition dan Mind Sports Challenge.

SIMOC tahun ini diikuti oleh peserta dari 15 negara. Beberapa di antaranya adalah Singapura, Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, Vietnam, Tiongkok, Uzbekistan, Meksiko, Bulgaria, Brazil, dll.

Raihan 5 prestasi internasional ini tentu sangat membanggakan bagi MTsN 1 Kota Malang. Mengingat tahun ajaran, baru berjalan beberapa pekan, tapi para siswa telah membuktikan, mereka mampu meraih prestasi terbaik meski dalam masa pandemi.

Semoga hal ini bisa menjadi inspirasi bagi siswa lainnya untuk giat belajar dan meraih prestasi terbaik di bidang yang ditekuninya. (Zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*