Kota Malang (MTsN 1) – Pembangunan Zona Integritas mendasarkan pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 10 Tahun 2019 sebagai perubahan dari Permenpan RB Nomor 52 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK-WBBM).

Pembangunan Zona Integritas dianggap sebagai role model reformasi birokrasi dalam penegakan integritas dan pelayanan berkualitas. Dengan demikian pembangunan Zona Integritas menjadi aspek penting dalam hal pencegahan korupsi di pemerintahan.

Zona Integritas (ZI) merupakan sebutan atau predikat yang diberikan kepada kementerian, lembaga dan pemerintah daerah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai niat (komitmen) untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.

Sedangkan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.

Dalam rangka penguatan pembangunan ZI menuju WBK-WBBM inilah, tim ZI MTsN 1 Kota Malang mengadakan studi tiru ke Kantor Kementerian Agama Kota Malang, pada Kamis (24/6/2021).

Tim ZI tersebut beranggotakan Drs. Samsudin, M.Pd (kepala madrasah); Winarta, S.Pd. (waka kesiswaan); M. Amin Tohari, S.Ag., M.Pd.I. (waka sarana dan prasarana); Drs. Mujtahid (waka humas); M. Arif, S.Ag. (Kepala Tata Usaha); Pariati Hidayat, Karmilawati, Anita Fanti, Sukiyo, dan Hariyono (staf TU); serta Zulfiki, S.S., S.Pd., M.Pd. (staf humas).

Dipilihnya Kantor Kementerian Agama Kota Malang sebagai tempat studi tiru, juga tak lepas dari keberhasilan kantor yang saat ini dipimpin oleh Dr. Muhtar Hazawawi, M.Ag. tersebut dalam pembangunan ZI menuju WBK-WBBM.

Berbagai pihak pun telah memberikan apresiasi dan dukungan terhadap keberhasilan pembangunan ZI di Kantor Kemenag Kota Malang.

Kehadiran Tim ZI MTsN 1 Kota Malang, langsung disambut oleh Kepala Kantor beserta jajarannya di mini hall.

Dalam kesempatan itu, Muhtar Hazawawi, menyampaikan pentingnya komitmen dari semua elemen tim dalam menyukseskan pembangunan ZI di sebuah lembaga. Selain itu, juga harus dibentuk agen perubahan sebagai tim inti dan didukung oleh tim efektif serta kelompok kerja yang akan menangani berbagai berbagai macam hal.

“Kelompok kerja paling tidak ada enam. Enam area perubahan untuk wilayah bebas dari korupsi. Pertama adalah Pokja Manajemen Perubahan, kedua Pokja Tata Laksana, ketiga Pokja Penataan SDM, keempat Pokja Penguatan Akuntabilitas, kelima Pokja Penguatan Pengawasan, dan yang keenam Pokja Penguatan Pelayanan Publik,” tegasnya.

Usai mendapatkan penjelasan dari Kepala Kantor dan jajarannya tentang pembangunan ZI menuju WBK-WBBM. Tim ZI MTsN 1 Kota Malang langsung melihat-lihat berbagai ruang di Kantor Kemenag Kota Malang dan kemudian menuju ke Kantor PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu).

Suasana PTSP tampak bersih dan rapi layaknya berada di sebuah bank. Data dan grafis layanan sudah tersedia untuk dibaca pengunjung yang tentunya akan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan.

Di tempat itu pula, semua layanan bisa dilakukan dan gratis serta ada rentang waktu lama layanan. Jika layanan yang tertulis selesai dalam 10 menit, tapi ternyata penyelesaian lebih dari itu, maka akan diberikan mug cantik bertuliskan Kantor Kemenag Kota Malang.

Hal menarik lainnya dari PTSP ini juga menyediakan ruang laktasi (ruang untuk ibu menyusui), ruang konsultasi, sudut baca, ruang bermain anak, foto kopi gratis, tempat untuk mengisi daya listrik ponsel, dan kamar mandi serta jalur khusus untuk penyandang disabilitas. Selain itu, pengunjung juga bisa mendapatkan air mineral, membuat teh dan kopi secara gratis di sini. (Zul)