Home » Berita Terbaru » Organisasi Sastra Matsanewa Adakan Pelatihan Menulis Fiksi Mini
Organisasi Sastra Matsanewa Adakan Pelatihan Menulis Fiksi Mini

Organisasi Sastra Matsanewa Adakan Pelatihan Menulis Fiksi Mini

Kota Malang (MTsN 1) – Organisasi Sastra MTsN 1 Kota Malang (OSM) mengadakan pelatihan menulis fiksi mini dalam rangka dies natalis ke-2 OSM. Pada kegiatan kali ini, Yoga Prasetya selaku pendiri organisasi mengundang penulis terkenal dan peraih Kompasiana Awards 2015 bernama DesoL.

“Kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan Bu DesoL selaku salah satu penulis fiksi terbaik di Indonesia. Karya fiksinya sudah banyak yang dipublikasikan dan mendapatkan apresiasi. Dengan pelatihan ini diharapkan para peserta didik MTsN 1 Kota Malang dapat menciptakan fiksi mini yang apik dan menginspirasi,” ucap Yoga Prasetya saat dihubungi pada Kamis (24/6).

Pelatihan menulis fiksi mini ini diikuti oleh seluruh pengurus OSM. Bu DesoL selaku pemateri menyampaikan teori fiksi mini secara singkat.

Fiksi mini biasa disebut dengan Cermin (cerpen mini) yaitu cerita pendek yang lebih pendek. Panjang cerpen secara normal biasanya 1.000 sampai 20.000 kata dan untuk fiksi mini biasanya 200 kata saja.

Kegiatan belajar dilanjutkan dengan memberikan tantangan kepada pengurus OSM untuk membuat fiksi mini. Tema dan genre yang dipilih bebas. Nantinya, Bu DesoL akan memilih satu karya terbaik dan akan mendapatkan hadiah berupa sertifikat serta uang pembinaan.

Seluruh pengurus mengirim fiksi mini terbaiknya. Bu DesoL lalu membaca dan menilai karya tersebut. Akhirnya, pemenang diraih oleh Nawra Alifa Nur, siswi kelas 9E dengan ceritanya yang berjudul “Piala”.

“Pembelajaran ditutup dengan refleksi dari Bu DesoL, saya, dan para pengurus OSM,” tambah Yoga Prasetya, guru alumnus Pascasarjana Universitas Negeri Malang tersebut. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*