Home » Berita Terbaru » Kankemenag Kota Malang Hadiri Penutupan Diklat Pembacaan Kitab Kuning
Kankemenag Kota Malang Hadiri Penutupan Diklat Pembacaan Kitab Kuning

Kankemenag Kota Malang Hadiri Penutupan Diklat Pembacaan Kitab Kuning

Kota Malang (MTsN I Malang) – Kankemenag Kota Malang Drs. H. Imron, M.Ag hadir dalam kegiatan penutupan Diklat Pembacaan Kitab Kuning yang diadakan oleh MTsN I Malang pada hari Sabtu (19/11). Diklat ini dimuali sejak tanggal (2/11) dan berlangsung selama sepuluh hari, adapun pembinanya adalah Ustaz Abdurahman dari Probolinggo. Pada acara penutupan tersebut diawali oleh sambutan yang disampaikan oleh Kepala MTsN I Malang Drs. H. Samsudin, M.Pd dan dilanjutkan oleh tes lisan pada peserta diklat. Tes lisan tersebut dilakukan untuk menguji bagaimana pemahaman peserta diklat terhadap materi pembacaan kitab kuning yang telah mereka pelajari.

Kankemenag Kota Malang juga memberikan ceramah di akhir acara agar para peserta diklat terus untuk mempelajari kitab kuning walaupun diklat sudah selesai. Beliau juga berpesan agar pihak madrasah menindaklanjuti kegiatan ini dan bagi para orang tua agar mendukung putra-putrinya dalam kegiatan mempelajari kitab kuning. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menyekolahkan para siswa di madrasah yang mempunyai mahad setelah lulus dari MTsN I Malang, hal ini diharapkan kegiatan belajar kitab kuning bagi para siswa tetap bisa berkelanjutan.

Selain Kankemenag hadir pula beberapa pejabat dari Kemenag Kota Malang yaitu Kasubag TU, Kabid Pendma, serta kepala MTsN 2 Malang, MAN I Malang , dan MAN III Malang. Menurut Ach. Fauzi, S.Ag, M.PdI Guru Fiqih dan Mudir Mahad Al Madani MTsN I  Malang, diklat pembacaan kitab kuning ini memiliki beberapa tujuan yaitu memberi bekal pada para siswa agar mahir membaca kitab kuning, membangkitkan kembali khazanah keilmuan Islam dari kitab-kitab klasik, dan menyiapkan generasi muda muslim yang paham tentang refrensi kitab klasik. Acara ini nantinya akan diadakan secara intensif dan berkesinambungan serta menjadi salah satu program pembelajaran di Mahad Almadani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*