Home » Berita Terbaru » Uji Kemampuan Baca “Kitab Kuning” Oleh Skretaris Dirjen Pendis Kemenag RI
Uji Kemampuan Baca “Kitab Kuning” Oleh Skretaris Dirjen Pendis Kemenag RI

Uji Kemampuan Baca “Kitab Kuning” Oleh Skretaris Dirjen Pendis Kemenag RI

Kota Malang, 18/11 (MTsN 1). Kehadiran Sekretaris Dirjen Pendis Kemenag RI, Prof. Dr. Ishomuddin, pada tanggal 18 November 2016, benar-benar mengejutkan, khususnya bagi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Malang I. Kehadiran yang bisa dikategorikan mendadak untuk melakukan uji kemampuan baca “kitab kuning” bagi siswa dan siswi MTsN Malang I dan MAN 3 Malang ini dilksanakan di aula MTsN Malang I.

Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 08.10 sampai 09.00, di Aula MTsN Malang I, dan diikuti oleh 6 siswa dan siswi MTsN Malang I, serta 10 siswa dan siswi MAN 3 Malang. Turut pula hadir sebagi saksi dalam uji kempuan baca “kitab Kuning” ini antara lain Kepala MTsN Malang I, Kepala MAN 3 Malang, Kepala MAN 1 Malang, dan beberapa guru dari MTsN Malang I dan MAN 3 Malang.

Membaca kitab kuning, yang mengaplikasikan Metode Membaca Kitab Kuning Cepat dengan durasi waktu 1 X 40 jam, ini telah direncanakan menjadi salah satu kegiatan Ekstra Kurikuler (Ekskul) di MTsN Malang I, dan program Muatan Lokal (Mulok) di MAN 3 Malang.

Pada ahir acara, dalam sambutannya, Prof. Dr. Ishomuddin, menyatakan kesenangannya terhadap program ini dan berharap untuk terus ditingkatkan serta dikembangkan. Dari hasil uji coba kemampuan ini dinyatakannya sangat bagus, sebab bila dibandingkan dengan ketika berada di Pondok Pesantren tentu membutuhkan waktu yang sangat lama. Ditambahkannya pula bahwa membaca kitab kuning, yang tidak terlepas dari pemahaman kosa kata dan “nahwu sharaf” bahasa Arab, merupakan alat kunci untuk menuju spesifikasi berbagai keilmuan dan bidang keahlian tertentu, seperti ahli Tafsir, Fikih, Tauhid, dan sebagainya. (Mcudy).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*