Home » Blog Madrasah » Guru MTsN 1 Kota Malang Jadi Narasumber Bedah SKL UN dan UAMBN
Guru MTsN 1 Kota Malang Jadi Narasumber Bedah SKL UN dan UAMBN

Guru MTsN 1 Kota Malang Jadi Narasumber Bedah SKL UN dan UAMBN

Kota Malang (MTsN 1) – Guru MTsN 1 Kota Malang, M. Abdul Chafidz diundang untuk menjadi narasumber dalam kegiatan bedah SKL (Standar Kompetensi Lulusan) UN (Ujian Nasional) dan UAMBN (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional) di MTsN 2 Kediri, Jumat (1/3).

Dalam kegiatan yang diprakarsai oleh MGMP MTs Kabupaten Kediri itu, Abdul Chafidz menjadi pemateri bedah SKL UAMBN mata pelajaran Alquran Hadis.

“Kegiatan ini (menjadi narasumber) adalah instruksi dari Kemenag, khususnya KSKK (Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan) agar semua guru yang terpilih bisa mendeseminasikan materi-materi tentang bedah SKL pada KKM dan MGMP di mana pun berada di Indonesia,” jelas Chafidz.

Lebih lanjut, guru yang menjabat sebagai Ketua MGMP Alquran Hadis MTs Kota Malang itu menyampaikan, bahwa dengan menjadi narasumber bisa mengetahui bagaimana penguasaan materi guru-guru MTs mata pelajaran Alquran Hadis di Kabupaten Kediri.

“Kemarin sempat saya adakan tes kemampuan penguasaan materi Alquran Hadis pada guru-guru kelas 7 sampai kelas 9. Dari situ saya bisa mengetahui sampai di mana kapasitas dan kemampuan guru-guru di Kabupaten Kediri,” imbuhnya.

Dari kegiatan itulah Chafidz bisa mengetahui tentang penguasaan guru terhadap materi dan menyampaikan tentang materi apa saja yang harus dibenahi.

Melalui kegiatan itu pula ia berharap bisa menambah keakraban antarguru-guru lintas daerah. Apalagikegiatan bedah SKL mata pelajaran UAMBN ini adalah kali pertama dilakukan karena sebelumnya bedah SKL hanya untuk materi UN saja.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah memberikan kemampuan tambahan kepada guru-guru untuk bisa membedah kisi-kisi UAMBN yang sudah dirilis oleh Kemenag. Hal ini dimaksudkan agar guru-guru bisa melakukan analisis materi dan soal UAMBN serta bisa membuat soal uji coba atau try out yang terstandar di madrasah masing-masing,” pungkas Chafidz. (Zul)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*