Home » Berita Terbaru » Siswi MTsN 1 Kota Malang Sabet Medali Emas Lomba Menulis Cerpen Tingkat Nasional
Siswi MTsN 1 Kota Malang Sabet Medali Emas Lomba Menulis Cerpen Tingkat Nasional

Siswi MTsN 1 Kota Malang Sabet Medali Emas Lomba Menulis Cerpen Tingkat Nasional

Kota Malang (MTsN 1) – Panitia Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia (Osebi) 2019 telah mengumumkan para pemenang lomba menulis cerpen jenjang SMP/MTs se-Indonesia pada penutupan OSEBI di SMA Kharisma Bangsa, Tangerang.

Medali emas berhasil diraih oleh Az Zahra Leilany Widjanarka siswi asal MTsN 1 Kota Malang, sedangkan medali perunggu dan perak disabet oleh Muhammad Nabil Alhanif dan Jasmine Lianna Athirah dari SMP Kharisma Bangsa.

Sarah, panggilan akrab Az Zahra, siswi yang saat ini duduk kelas 7J tersebutsaat ditemui pada Jumat (1/3),menyatakan tidak menyangka akan meraih medali emas kategori cerpen di ajang OSEBI. Keterlibatan Sarah dalam ajang ini pun atas dorongan dari guru bahasa Indonesia (Yoga Prasetya, Faizal Hadi, dan Zahratul Mufhidah) yang melihat bakat menulisnya.

Nggak nyangka, ini kan lomba se-Indonesia. Alhamdulillah bisa meraih emas atau juara satu. Selain itu, jadi finalis saja saya senang karena bisa bertemu siswa dari berbagai kota di Indonesia,” ujar siswi yang menjadi bagian dari EPIK (Ekskul Penulisan Kreatif) generasi 3 ini.

Nur Aliya Shafira, generasi pertama EPIK yang saat ini duduk di bangku kelas 9E, juga turut berbahagia atas prestasi adik kelasnya.

“Ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi MTsN 1 Kota Malang, khususnya EPIK.Sarah bisa mengaplikasikan teori sastra yang diajarkan Pak Yoga saat EPIK , menjadi karya atau cerpen yang luar biasa,” ujar siswi yang juga pernah mengharumkan EPIK dengan meraih juara 8 Lomba Menulis Dongeng UGM 2017 tingkat nasional.

Sementara itu, berdasarkan data dari jpnn.com, Presiden OSEBI, Liliana Muliastuli, menyampaikan bahwa penyelenggaraan OSEBI tahun ini digabungkan dengan ISPO dalam Festival Sains dan Budaya (FSB). Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan pendidikan karakter melalui seni dan bahasa, karena bahasa Indonesia adalah jati diri bangsa.(PS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*