Home » Berita Terbaru » MTsN 1 Kota Malang Adakan Zikir Muhasabah Jelang Ujian Nasional
MTsN 1 Kota Malang Adakan Zikir Muhasabah Jelang Ujian Nasional

MTsN 1 Kota Malang Adakan Zikir Muhasabah Jelang Ujian Nasional

Kota Malang (MTsN 1) – Ada banyak hal yang harus dipersiapkan siswa guna meraih kesuksesan dalam mengikuti Ujian Nasional. Misalnya saja dari sisi akademik maupun dari sisi spiritual, dari sisi akademik tentu melalui kegiatan belajar intensif materi dan soal UN.

Sedang dari sisi spiritual yaitu dengan berdoa dan beribadah memohon kelancaran dan keberhasilan kepada Allah Swt. Berkaitan dengan aspek inilah, MTsN 1 Kota Malang mengadakan zikir muhasabah jelang Ujian Nasional, yang dilaksanakan pada Sabtu (20/4).

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 16.00-19.30 WIB dan bertempat di Hall MTsN 1 Kota Malang ini mengambil tema “Ku Dekatkan Diriku untuk Menggapai Harapan Atas Rida-Mu”.

Acara diawali dengan pembacaan selawat, Yasin, doa, dan informasi tentang rencana kegiatan bakti kelulusan. Berikutnya, Kepala MTsN 1 Kota Malang, H. Samsudin menyampaikan sambutan kepada hadirin, yaitu siswa dan wali siswa kelas 9.

Dalam sambutannya, Pak Sam menyampaikan tentang pentingnya kegiatan zikir muhasabah ini bagi siswa menjelang pelaksanaan UN.

“Bapak/Ibu dan anak-anakku semua, kegiatan hari ini yang akan kita laksanakan adalah agenda rutin yang kami lakukan bersama Gus Ali (K.H. Ali Musthofa). Persiapan yang kita lakukan sudah sedemikian rupa, sekarang tinggal pengendapan, penenangan diri untuk mengikuti Ujian Nasioanal. Dalam Ujian Nasional, kami tidak hanya mengantarkan lulus, tapi anak-anakku harus lulus dengan nilai yang maksimal dan lebih penting lagi semua ini menjadi ilmu yang bermanfaat,” tegas Pak Sam.

Usai sambutan dari Kepala Madrasah, kegiatan dilanjutkan dengan salat Magrib berjemaah, pembacaan zikir dan muhasabah, salat Isya berjemaah, serta saling memaafkan antarsiswa, wali murid dan guru-guru.

Sebelum pembacaan zikir dan muhasabah, Gus Ali yang merupakan Pengasuh dari Pondok Pesantren Nurul Ulum Malang, berpesan kepada para siswa agar rajin belajar dan mempunyai cita-cita tinggi serta berupaya menggapainya.

Dalam kesempatan itu, Gus Ali juga menyampaikan pada orang tua agar tidak mudah menyalahkan anak, tetapi harus mampu menjadi teladan kebaikan bagi anak-anaknya.

“Setiap anak diciptakan dengan potensi yang berbeda, punya kelebihan yang berbeda. Jadi ayah/ibunya tidak boleh membanding-bandingkan. Anakku sekalian milikilah cita-cita setinggi langit dan bersemangatlah untuk menggapainya. Kalaupun kalian jatuh, kalian akan jatuh diantara bintang-bintang,” pesan Gus Ali pada siswa dan wali murid yang hadir di acara tersebut. (Zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*