Home » Akademik » MTsN 1 Kota Malang Raih Tiga Prestasi Madrasah Robotic Competition
MTsN 1 Kota Malang Raih Tiga Prestasi Madrasah Robotic Competition

MTsN 1 Kota Malang Raih Tiga Prestasi Madrasah Robotic Competition

Kota Malang (MTsN 1) – Tim MTsN 1 Kota Malang sukses meraih tiga prestasi dalam ajang Madrasah Robotic Competition 2020. Tiga prestasi tersebut adalah juara 1 best participant kategori line follower analog diraih oleh Anindita Cahyaning Rahayu dan Najwa Awliya Nooriza.

Juara 2 best participant kategori under water (M Iqbal Burhanudin dan Alif Fadlillah) serta juara 2 best design kategori under water (Daffa Mirza Mahedra dan Zikry Azizy Aljava).

MRC merupakan ajang kompetisi robotika dan otomasi tingkat madrasah se-Indonesia. Mulai dari menemukan ide, merakit atau merancang, mengoperasikan hingga menemukan teknologi baru di bidang robotika dan otomasi yang dirancang memiliki manfaat bagi kehidupan manusia.

Dalam MRC ada tujuh kategori yang dilombakan yaitu Maze Solving, Under Water, Creative, Sumo-IoT, IoT (Internet of Thing), Line Follower Analog, dan Aphibious Solar Vehicle.

Kepala MTsN 1 Kota Malang, Samsudin, mengungkapkan, tahapan menuju final MRC ini relatif panjang dan patut disyukuri bahwa tiga tim Matsanewa berhasil masuk final dan akhirnya bisa meraih prestasi.

“Prosesnya cukup panjang. Ada banyak tim Matsanewa yang ikut serta dengan mengirimkan video. Setelah diseleksi awal, tim kami banyak yang masuk 30 besar. Nah, pada seleksi kedua dengan mempresentasikan karyanya, tiga tim Matsanewa lolos masuk 9 besar dari 7 kategori dan berhak tampil di final,” tegasnya.

Di tahap final pun, karya anak-anak Matsanewa juga mendapatkan apresiasi dengan meraih tiga penghargaan.

Waka Kesiswaan MTsN 1 Kota Malang, Winarta, juga menyampaikan rasa syukurnya atas keberhasilan tim robotik Matsanewa di ajang MRC.

“Alhamdulillah untuk lomba robotik, tim Matsanewa meloloskan tiga tim ke final. Dukungan orang tua dan madrasah serta seluruh sivitas yang luar biasa sehingga tim bisa meraih juara. Saya juga berharap semoga semakin banyak siswa yang berminat di bidang robotik, sehingga robotik Matsanewa semakin eksis,” ungkap Winarta. (Zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*