Home » Akademik » Siswa MTsN 1 Kota Malang Dapatkan Tanda Penghargaan Pramuka Garuda
Siswa MTsN 1 Kota Malang Dapatkan Tanda Penghargaan Pramuka Garuda

Siswa MTsN 1 Kota Malang Dapatkan Tanda Penghargaan Pramuka Garuda

Kota Malang (MTsN 1) – Empat siswa MTsN 1 Kota Malang berhasil mendapatkan tanda penghargaan Pramuka Garuda yang dianugerahkan usai upacara yang dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Malang di Pusdiklat Witaraga.

Empat siswa peraih penghargaan tersebut adalah A. Chrishnaya Robby, Frodo Raditya Putra, Maya Aurelia Putri, dan Annisa Maulidya Harsaputri.

Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka (Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega). Para siswa Matsanewa tersebut ada pada golongan penggalang atau setara usia SMP sederajat yaitu 11 sampai 15 tahun.

Seorang Pramuka Penggalang ditetapkan sebagai Pramuka Garuda jika telah memenuhi syarat-syarat, diantaranya adalah menjadi contoh yang baik dalam Pasukan Penggalang, di rumah, di sekolah atau di lingkungan pergaulannya, sesuai dengan isi Trisatya dan Dasadarma. Telah menyelesaikan SKU (syarat kecakapan umum) tingkat Penggalang Terap. Serta telah memiliki tanda kecakapan khusus untuk Pramuka Penggalang.

Persyaratan lain yang harus dipenuhi adalah dapat menunjukkan hasta karya buatannya sendiri minimal sepuluh macam dengan menggunakan paling sedikit lima macam bahan. Pernah mengikuti jambore, perkemahan, bakti dan lomba tingkat. Dapat membuktikan dirinya sebagai penabung yang rajin dan teratur.

Dapat menunjukkan kecakapannya di depan umum dalam salah satu bidang seni budaya. Dapat menjalankan salah satu cabang olah raga, misalnya atletik, renang, senam, bela diri, gerak jalan, atau cabang olah raga lainnya. Serta telah mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat.

Bentuk penghargaan bagi Pramuka Garuda adalah medali yang memiliki pita dengan warna putih di pinggir dan warna merah di tengah. Di ujung pita terdapat medali yang terbuat dari metal berbentuk segi lima bergambar burung garuda yang memiliki tunas kelapa di dadanya dan memegang pita bertuliskan “Setia, Siap, Sedia”, menggambarkan sikap yang dimiliki setiap Pramuka Garuda.

Salah satu siswa peraih penghargaan, A. Chrishnaya Robby, mengungkapkan, ia sangat senang dan bangga dengan capaian itu.

“Saya sangat senang mendapatkan (tanda penghargaan) Pramuka Garuda, karena ini merupakan pencapaian yang saya inginkan,” tegas siswa kelas 9F tersebut. (Zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*