Home » Akademik » Siswa MTsN 1 Kota Malang Raih Dua Juara Seleksi Pembinaan KSN-K 2021
Siswa MTsN 1 Kota Malang Raih Dua Juara Seleksi Pembinaan KSN-K 2021

Siswa MTsN 1 Kota Malang Raih Dua Juara Seleksi Pembinaan KSN-K 2021

Kota Malang (MTsN 1) – Siswa MTsN 1 Kota Malang berhasil meraih dua juara dalam seleksi pembinaan KSN (Kompetisi Sains Nasional) yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang, pada 19-23 April 2021.

Dua prestasi tersebut dipersembahkan oleh Al Davi Muhammad Azriel F (juara 1 Olimpiade IPA) dan M. Alfarizky Harya Putra (juara 2 Olimpiade Matematika).

Ketua Program Kelas Olimpiade, Luluk Hariroh, saat ditemui pada Rabu (28/4/2021) menyampaikan, kegiatan seleksi pembinaan KSN-K adalah agenda yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang dan tujuannya mempersiapkan siswa dalam mengikuti KSN.

“Kegiatan ini adalah pembinaan dari Dinas Pendidikan dan bertujuan mempersiapkan siswa guna mengikuti KSN yang nanti akan dilaksanakan oleh Puspresnas (Pusat Prestasi Nasional),” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Luluk juga menceritakan, dalam KSN-K, MTsN 1 Kota Malang mengirimkan tiga delegasi yang masing-masing mewakili bidang IPA, IPS, dan matematika.

“Kami mendelegasikan tiga siswa untuk mengikuti KSN-K dan tiga siswa itu lolos di tahap 15 besar. Bidang matematika meraih peringkat 2, IPA peringkat 1, dan IPS peringkat 2. Kemudian 15 siswa tersebut mendapatkan pembinaan dari Diknas dan setelahnya diadakan seleksi dan diambil 5 juara tiap bidang,” tegasnya.

Usai seleksi kedua ini, siswa MTsN 1 Kota Malang berhasil mendapatkan dua juara yang masing-masing di bidang IPA dan matematika.

“Pembinaan ini internal dari Diknas Kota Malang dan nanti saat pelaksanaan KSN, MTsN 1 Kota Malang tetap bisa mendelegasikan tiga siswa tersebut yang mewakili madrasah untuk bidang IPA, IPS, dan matematika,” imbuh guru alumnus S-2 ITS Surabaya tersebut.

Terkait harapan kepada siswanya di KSN 2021, Luluk berharap anak didiknya bisa berjuang di tahap berikutnya agar meraih prestasi yang maksimal. Pembinaan intensif pun telah ia programkan guna persiapan mereka dalam kompetisi di tingkat nasional tersebut. (Zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*