Home » Berita Terbaru » Syiar Maulid Nabi dan Hari Santri di Ma’had Al-Madany
Syiar Maulid Nabi dan Hari Santri di Ma’had Al-Madany

Syiar Maulid Nabi dan Hari Santri di Ma’had Al-Madany

Kota Malang (MTsN 1) – Puncak acara kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad saw. dan Hari santri Nasional di Ma’had Al-Madany digelar pada Jumat (29/10). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Masjid Al-Fajr mulai pukul 19.00 s.d. 21.00 WIB.

Acara dibuka dengan selawatan dan dipandu oleh MC yang menggunakan tiga bahasa (Indonesia, Arab, dan Inggris). Kemudian acara berlanjut dengan penayangan kegiatan santri Ma’had Al-Madany, penampilan santri berprestasi, dan ceramah agama yang disampaikan oleh Ust. Zainal Arifin.

Dalam ceramahnya ia menyampaikan tentang hikmah maulid nabi dan tips menjadi seorang santri yang berilmu, berakhlak mulia, dan berprestasi.

Sebelumnya, Ma’had Al-Madany juga telah menyelenggarakan acara “Festival Maulid Nabi Muhammad saw.” kegiatan tersebut diisi dengan lomba azan, cerdas cermat, story telling, dan tahfiz juz 30.
Selain itu, pada Jumat (22/10) Ma’had Al-Madany juga melaksanakan apel Hari santri Nasional yang mengusung tema “Santri Siaga Jiwa Raga”.

Pada bulan ini pula, Ma’had Al-Madany mencanangkan gerakan “Santri Sehat Prestasi Meningkat”.
“Moto tersebut kami maksudkan untuk memberikan semangat dalam pelaksanaan program kesehatan santri Ma’had Al-Madany MTsN 1 Kota Malang, sebagai upaya menjaga kesehatan dan usaha preventif. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama seluruh warga Ma’had Al-Madany, petugas UKS, madrasah, dan pihak kesehatan terkait,” jelas Akhmad Fauzi, Pimpinan Ma’had Al-Madany saat dihubungi melalui pesan WhatsApp.

Ada 12 kegiatan yang masuk dalam gerakan “Santri Sehat Prestasi Meningkat”. Kegiatan tersebut adalah (1) membuat perencanaan menu gizi seimbang; (2) senang minum air putih sesuai kebutuhan; (3) senang makan sayur, ikan, dan protein hewani lainnya; (4) penyuluhan kesehatan; (5) gerakan Ahad bersih; (6) senam ceria santri; (7) gemar minum susu/minuman bergizi; (8) membentuk kader kesehatan santri; (9) pemeriksaan kesehatan berkala; (10) gerakan sadar lingkungan sehat; (11) fogging berkala di area ma’had dan sekitarnya; serta (12) mengikuti vaksinasi Covid-19. (Zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*