Home » Akademik » Kesiswaan » Ekstrakurikuler » Ekskul Seni Musik
Ekskul Seni Musik

Ekskul Seni Musik

Vokal/Paduan Suara

Seni olah vokal yang dialunkan dengan merdu dan teratur dapat melahirkan rasa keindahan. Bernyanyi bersama-sama dalam beberapa suara yang dipadukan merupakan kegiatan yang dibimbing dalam ekskul vocal/paduan Suara MTsN Malang I.

Siswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang seni suara dapat mengikuti ekstrakurikuler vocal/ paduan suara yang dilaksanakan seminggu sekali setiap hari kamis pukul 15.00 WIB. Selain berlatih vokal dan bernyanyi dalam paduan suara, siswa juga dikembangkan minat serta bakatnya dalam olah vocal secara solo dengan menyanyikan berbagai lagu daerah, religi, ataupun lagu popular lainnya, dengan harapan siswa mampu menyanyikan lagu dan memiliki penghayatan yang baik terhadap lagu-lagu tersebut. Vocal dan Paduan Suara siswa MTsN Malang I selain ditampilkan dalam kegiatan insidental sekolah juga biasa ditampilkan dalam kegiatan PENSI MUSIK setiap enam bulan sekali dan acara wisuda.

 

Band dan Ansambel gitar

Memainkan alat musik dan menyanyi tidaklah mudah sehingga memerlukan latihan dan bimbingan yang baik yang lebih sehingga menghasilkan musik. Ekstrakurikuler musik ini menggunakan perlengkapan musik di studio band milik sekolah MTsN Malang I, dan dilaksanakn setiap hari selasa.

kegiatan musik di MTsN Malang I dibagi menjadi dua, yaitu ansambel sejenis dan ansambel gabungan. Ansambel sejenis adalah sekelompok orang yang memainkan alat musik yang sama atau sejenis, yakni ansambel gitar. Ansambel gabungan adalah sekelompok orang yang memainkan dua atau lebih alat musik atau instrumen yang berbeda, dalam hal ini adalah musik band.

musik ansambel band terbentuk dari beberapa siswa yang mempunyai bakat dalam memainkan instrument pokok yang terdiri dari keyboard, gitar, bass, drum, dan tambahan satu atau lebih penyanyi. Untuk jenis lagu yang dilih sama dengan lagu-lagu yang dinyanyikan kelompok paduan suara. Untuk melihat hasil capaian dari proses musik band, selain tampil dalam kegiatan PENSI, setiap 2 tahun sekali mengikuti kegiatan lomba AKSIOMA, dan pernah meraih medali perak pada tahun 2013.

Sedangkan pada musik ansambel gitar, terbentuk dari beberapa siswa yang minat atau bakat dalam memainkan alat musik gitar akustik. Dalam penampilannya, musik ansambel gitar memainkan musik yang biasa dimainkan oleh instrument gitar yang nantinya ditampilkan dalam kegiatan PENSI. Selain bermain dan berdiri sendiri dalam penampilannya, ansambel gitar dapat juga digabungkan dengan seni vocal atau paduan suara sebagai musik pengiring.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*