Home » Akademik » Kesiswaan » Ekstrakurikuler » Ekskul Broadcasting
Ekskul Broadcasting

Ekskul Broadcasting

Radio dan televisi adalah salah satu bukti perkembangan media manusia. Hampir sulit memisahkan kedua media tersebut dari kehidupan manusia modern. Oleh karena itu, radio dan televisi memiliki tempat tersendiri di masa depan. Salah satu upaya pemenuhan insan-insan radio dan televisi yang berkualitas adalah melatih generasi muda supaya tahu, mencoba, bisa, hingga mahir dalam setiap seluk beluk dunia radio dan televisi.

MTsN Malang I berupaya mewujudkan hal tersebut melalui pendirian ekstrakurikuler penyiaran (broadcasting) pada 16 Agustus 2003. Ekskul penyiaran atau yang kini populer dengan nama BC Matsa tersebut diadakan bersamaan dengan pendirian Fajar FM, sebuah radio kebanggan MTsN Malang I.

Target / Tujuan Ekskul

Ekskul penyiaran (broadcasting) melatih siswa piawai dalam menggunakan dan mengolah bahasa, mengetahui dan menguasai teknik siaran, serta hal-hal lain berkaitan dengan retorika. Seorang siswa yang menjadi angota ekskul ini tidak hanya dilatih menjadi penyiar saja, tetapi ada banyak kemampuan yang bisa didapatkan dari keikutsertaannya.

  1. Announcer adalah salah satu profesi mengisi acara di radio yang bertugas untuk menyapa pendengar, memberi tahu segala informasi sesuai dengan acara, dan memainkan musik. Anggota ekskul akan mampu menguasi teknik menjadi announcer dan menyesuaikan dengan pendengar sasaran dan acara yang dibawakannya.
  2. Pembawa acara adalah salah satu profesi membawakan sebuah acara baik resmi, semi resmi, dan tidak resmi. Pembawa acara tidak boleh membiarkan acara menjadi garing, sunyi, atau terasa ganjil. Kesuksesan acara sangat bergantung pada pembawa acara.Anggota ekskul akan mampu mengantarkan hadirin, mengisi acara melalui materi-materi yang sesuai dengan acara yang dibawakan, dan mengakhiri acara.
  3. Reporter adalah profesi awal seseorang yang ingin menjadi pembawa berita. Reporter turun ke lapangan dan mencatat berdasarkan pengamatan dan melaporkannya kepada pembaca berita lain ataupun melaporkan untuk acara reporter sendiri. Anggota ekskul akan mampu mengamati, menulis, dan melaporkan dengan baik segala peristiwa yang diliputnya.
  4. News presenter adalah pembaca berita, baik untuk berita lunak maupun berita keras. Profesi tersebut dikenal memiliki gengsi tersendiri karena news presenter akan disorot kamera dalam waktu yang cukup lama. Kepandaian news presenter membawakan beritanya adalah hal-hal yang selalu dinanti pemirsa televisi. Anggota ekskul juga harus mampu menjadi news presenter yang andal melalui penguasaan materi dan teknik pembacaan berita.

Prestasi Ekskul

Ekskul penyiaran (broadcasting) adalah ekskul yang senantiasa berusaha menjadi yang terbaik. Usaha tersebut tampak dari keikutsertaan setiap anggota dalam lomba-lomba penyiaran. Berikut beberapa perolehan juara ekskul penyiaran (broadcast).

  1. Fabian Hafizh Kurniawardana pada tahun 2015 mendapatkan juara 3 news presenter tingkat Kota Malang di SHOCC yang diselenggarakan di SMAN 8 Malang.
  2. Kamila Cahyaningrum pada tahun 2015 mendapatkan juara 3 announcer tingkat Kota Malang di SHOCC yang diselenggarakan di SMAN 8 Malang.
  3. Kamila Cahyaningrumpada tahun 2015 mendapatkan juara 3 announcer tingkat Kota Malang di DBC yang diselenggarakan di SMAN 5 Malang.
  4. Diva Aulia Adzanipada tahun 2015 mendapatkan juara 2 news presenter tingkat Kota Malang di DBC yang diselenggarakan di SMAN 5 Malang.

Keberhasilan tersebut atas karunia Allah swt., doa dari orang tua/wali murid dan segenap civitas MTsN Malang I, usaha setiap anggota, dan bimbingan dari pembina dan pelatih ekskul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*