Home » Akademik » Kesiswaan » Ekstrakurikuler » Hadrah Albanjari MTsN I Kota Malang Meriahkan Khataman Alquran di TPQ Nurul Iman Balearjosari
Hadrah Albanjari MTsN I Kota Malang  Meriahkan Khataman Alquran di TPQ Nurul Iman Balearjosari

Hadrah Albanjari MTsN I Kota Malang Meriahkan Khataman Alquran di TPQ Nurul Iman Balearjosari

Kota Malang (MTsN I) – Hadrah Albanjari MTsN I Kota Malang tampil dalam memeriahkan khataman Alquran di TPQ Nurul Iman Balearjosari pada hari Minggu (4/11). Hadrah Albanjari yang tampil adalah 9 siswa dan satu guru pembina. Tim Hadrah Albanjari ini sudah datang di lokasi pada pukul 05.30 dan melakukan berbagai persiapan. Sekitar pukul 07.00 mereka melakukan kirab sambil melantuntan selawat dengan iringan alat musik rebana. Tampak bersama mereka adalah para santri TPQ Nurul Iman yang akan diwisuda, wali santri, dan para pengajar TPQ.

Kirab usai kekitar pukul 08.30 dan para peserta kirab menuju lokasi wisuda untuk para santri TPQ yang sudah khatam Alquran. Di tempat tersebut Hadrah Albanjari tampil lagi untuk membuka kegiatan prosesi wisuda. Ust. Faruq Baharudin pembina Hadrah Albanjari menyampaikan bahwa kegiatan ini juga ditujukan untuk syiar Alquran dan mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang olah vokal syair pujian kasidah islamiyah dan rebana Albanjari.

Hadrah Albanjari adalah salah satu ekstrakurikuler yang ada di MTsN I Kota Malang. selain latihan rutin yang dilakukan setiap minggu, Hadrah Albanjari juga sudah sering tampil mengisi berbagai acara baik di lingkup madrasah maupun di luar. Acara yang sering menampilkan Hadrah Albanjari misalnya Pawai Muharam, pelepasan siswa kelas 9, kegiatan Idul Adha, dan kegiatan Idul Fitri. Fairuzy Alfayed salah satu anggota Hadrah Albanjari menyatakan bahwa mengikuti kegiatan ini sangat menyenangkan. Selain bisa menambah banyak teman juga menambah pengalaman dengan tampil di berbagai acara dan berbagai tempat.

Ust. Faruq juga berharap adanya ekstrakurikuler Hadrah Albanjari bisa menumbuhkan kecintaan para siswa pada Allah dan Rasulnya serta menumbuhkan karakter positif. Adanya Hadrah Albanjari juga bertujuan agar siswa lebih mencintai kesenian yang islami daripada kesenian barat yang belum tentu sesuai dengan budaya Indonesia. (Zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*