Home » Berita Terbaru » Pondok Ramadan di MTsN 1 Kota Malang
Pondok Ramadan di MTsN 1 Kota Malang

Pondok Ramadan di MTsN 1 Kota Malang

Kota Malang (MTsN 1) – Meski saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19 dan siswa belajar dari rumah. Namun, tidak menghalangi MTsN 1 Kota Malang dalam menerapkan program kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap tahun.

Salah satu kegiatan tersebut adalah dilaksanakannya Pondok Ramadan mulai 15-17 April 2021. Hanya saja teknis pelaksanaan tahun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya kegiatan Pondok Ramadan dilaksanakan secara langsung.

Tahun ini, Pondok Ramadan dilaksanakan secara berani dan menyesuaikan dengan kondisi siswa yang masih belajar dari rumah. Meski dilaksanakan secara berani, kegiatan ini tidak mengurangi esensi dari Pondok Ramadhan.

Tiap harinya, siswa diajak untuk mengawali kegiatan dengan salat Duha dan menyaksikan materi video Pondok Ramadhan yang bisa diakses melalui live streaming You Tube di chanel MTsN 1 Kota Malang.

Kemudian acara diakhiri dengan tadarus Al-Qur’an yang dilaksanakan siswa dan didampingi oleh wali kelas dengan menggunakan aplikasi Zoom Meetings.

Materi Pondok Ramadan yang dapat dilihat siswa melalui live streaming You Tube adalah, Fikih puasa bagian 1 disampaikan oleh Ust. M. Sholehudin dan salat nawafil 1 (Ust. Faruq Baharudin), Kamis (15/4).

Fikih Puasa 2 (Ust. M. Sholehudin) dan salat nawafil 2 (Ust. Faruq Baharudin), Jumat (16/4).

Thaharah (Ust. M. Abdul Chafidz) dan zakat (Ust. Mujiono), Sabtu (17/4).

Kepala MTsN 1 Kota Malang, Samsudin, mengungkapkan kegiatan Pondok Ramadan ini dilaksanakan sebagai penyemangat siswa dalam mengisi kegiatan positif selama bulan Ramadan dan bulan-bulan setelahnya.

Materi sedang yang disampaikan, tidak berbeda jauh dengan materi Pondok Ramadhan sebelum pandemi. Di antaranya adalah tadarus Al-Qur’an, fiqih ibadah, thaharah , salat puasa dan zakat, serta kajian Islam moderasi beragama.

“Kegiatan Pondok Ramadan ini sebagai penyemangat para siswa di saat Ramadan. Kegiatan selama di bulan Ramadhan, selain pembelajaran kurikulum, ada juga aktivitas ibadah yaumiah, ”jelasnya. (Zul)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*